Monday, May 25, 2009

Masih Kuasai Bandara Papua, OPM Akan Ditindak Tegas

Senin, 25/05/2009 17:05 WIB
Didit Tri Kertapati - detikNews

Jakarta - Bandar Udara Perintis Kaisepo, Membramo, Papua, hingga saat ini masih dikuasai Organisasi Papua Merdeka (OPM). Negosiasi belum membuahkan hasil. Kepolisian akan mengambil tindakan.

"Sampai sekarang, negosiasi belum membuahkan hasil. Dalam arti, untuk meninggalkan bandara dengan batas waktu yang belum ditentukan," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Abubakar Nataprawira, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (25/5/2009).

Selanjutnya, kata dia, kasus tersebut akan diserahkan ke Kapolda Papua. "Apabila mereka masih menguasai maka aparat akan mengambil tindakan kepolisian," ujarnya.

Namun demikian, Abubakar mengatakan kontak senjata dengan OPM sangat dihindari. "Karena di sana masih ada masyarakat, jangan sampai ada kontak senjata. Karena, mereka akan berlindung di tengah masyarakat. Kita takut ada korban dari masyarakat. Itu yang kita hindari. Tetapi, sewaktu-waktu akan diambil tindakan kepolisian," papar Abubakar.

Abubakar menjelaskan, langkah yang telah dilakukan antara lain, melakukan koordinasi dengan Pemda setempat, tokoh adat, dan tokoh gereja.

Dikatakan dia, pasukan Brimob baik dari Kelapa Dua maupun Polda Papua sudah dikirim ke lokasi. Namun, lokasi yang dituju sangat sulit ditempuh.

"Pada 23 Mei, ada kontak senjata dengan mereka. Setelah kontak senjata, mereka lari ke hutan. Ada yang tertinggal antara lain panah, anak panah, parang, seragam, dan 3 buah pegas untuk senjata api rakitan," kata dia.(aan/iy)

No comments:

Post a Comment