Tuesday, May 05, 2009

Empat Tewas Dalam Serangan Bom Mobil di Pakistan

Peshawar, Pakistan, (ANTARA News) - Seorang pelaku serangan bom bunuh diri menabrakkan mobilnya ke dalam satu pos pemeriksaan polisi di dekat kota Pakistan, Peshawar, menewaskan sedikitnya empat petugas keamanan, kata polisi.

Serangan tersebut terjadi di perbatasan Peshawar dan Khyber, satu wilayah suku yang bergolak di perbatasan dengan Afghanistan.

"Pelaku bom bunuh diri menabrakkan mobilnya ke dalam kantor pemeriksaan. Empat petugas keamanan tewas," kata kepala polisi Peshawar, Sifwat Ghayyur kepada Reuters.

Namun demikian, para saksi mata mengatakan, tujuh orang, termasuk lima petugas keamanan dan dua penduduk sipil tewas.

Peshawar adalah ibukota Provinsi Perbatasan Barat Laut (NWFP), yang dikenal selama ini bergejolak.

Pasukan keamanan Pakistan sedang bertempur menghadapi kelompok garis keras Taliban di wilayah pegunungan NWFP, di mana para pejuang mulai memperluas pengaruhnya setelah melakukan kesepakatan dengan pihak pemerintah untuk pemberlakuan hukum syariah Islam.

Perjanjian Februari lalu dan menyebarkan pengaruh Taliban telah meningkatkan tanda bahaya bagi Amerika Serikat (AS) mengenai kemampuan persenjataan nuklir Pakistan, untuk meningkatkan sikapnya terhadap gerilyawan. Ini penting dalam upaya menciptakan stabilitas di Afgfhanistan.(*)

No comments:

Post a Comment