Friday, May 22, 2009

Bandara di Papua Dikuasai Kelompok Bersenjata, TNI Pilih Dialog

Jumat, 22/05/2009 18:13 WIB
M. Rizal Maslan - detikNews


Jakarta
- Bandar Udara Perintis Kaisepo, Membramo, Papua, dikuasai kelompok bersenjata. Meski demikian TNI menilai kondisi secara umum di wilayah itu tetap kondusif. Oleh sebab itu, sejauh mungkin dihindarkan konflik dan dilakukan dialog.

"Rapat kali ini membahas soal perkembangan di Papua, termasuk adanya penguasaan bandara tetap dilakukan persuasif, hindarkan konflik sejauh mungkin, kedepankan dialog," kata Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso usai Rakor Polhukam di Kantor Kementerian Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (22/5/2009).

Djoko juga berharap agar fakta yang terjadi di lapangan tidak dibolak-balik atas kasus pengusaan bandara di wilayah terpencil di Papua itu. "Jangan dibolak-balik, lalu kita terprovokasi, nanti dibiang pelanggaran HAM," jelasnya.

Djoko juga kembali menegaskan, tentang langkah yang dilakukan aparat keamanan dengan cara peresusif, walau kelompok tersebut dinilai mengancam kedaulatan dengan menaikan bendera Bintang Kejora.

"Ya tetap kita akan ke depankan tindakan persuasif, nanti jika nggak bisa, ya kita tindak tegas. Tetap kita adakan pendekatan persuasif dan dialog," tegasnya.(zal/ndr)

No comments:

Post a Comment