Monday, June 08, 2009

Bandara Kaisepo, Direbut Pemimpin OPM Sengaja Tidak Dikejar

Senin, 08/06/2009 17:39 WIB

Didit Tri Kertapati - detikNews

Jakarta - Anggota Polri berhasil merebut kembali bandara perintis Kaisepo, Mamberano, Papua, dari tangan kelompok OPM. Namun mantan anggota TNI AD yang memimpin aksi pendudukan tersebut berhasil melarikan diri dan untuk sementara sengaja tidak dikejar.

"Mereka lari ke perkampungan. Anggota sengaja tidak mengejar untuk menghindari warga yang tidak tahu apa-apa malah menjadi korban," tutur Kadiv Humas Mabes Polrin Irjen Pol Abubakar Nataprawira, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta, Senin (8/6/2009).

Dia membenarkan pemimpin aksi pendudukan bandara perintis Kaisepo adalah mantan anggota TNI. Menurut informasi namanya adalah Beko Imbiri, desersi dari satuan Yon 751 dengan pangkat terakhir prajurit satu (pratu).

Bandara perintis Kaisepo berhasil direbut sejak 4 Juni lalu. Personel Polri yang datang dari arah danau Kaisepo sempat terlibat kontak senjata dengan pihak OPM. Dua anggota OPM tewas dan yang tersisa lalu melarikan diri ke arah perkampungan warga di sekitar bandara.

Barang bukti yang berhasil diamankan dari lokasi kejadian terdiri dari senjata tajam, senjata api rakitan dan anak panah. Namun seorang tenaga medis yang ditugaskan Bupati Mamberano sebagai juru runding dengan pihak OPM hingga kini belum berhasil ditemukan.

Uniknya dalam operasi perebutan kembali itu polisi juga mengamankan seorang wanita bernama Nela Yaseram. Warga melaporkan wanita tersebut karena dinilai menyebarkan ajaran agama sesat.

"Empat anggota Polri luka terkena panah. Kini warga sekitar bandara sudah bisa beraktivitas normal seperti biasa," imbuh Abubakar.(lh/nrl)

No comments:

Post a Comment